Upgrading Stage 1 – SaIG Muda “From Us to Us”

Halo Saigmuda!!

Pada Sabtu, 27 Agustus 2022 lalu, HMSaIG habis mengadakan suatu kegiatan, loh. Nama kegiatannya yaitu UPGRADING.

Upgrading adalah salah satu program kerja Departemen Pengembangan Organisasi dan Anggota (POA) yang bertujuan untuk meningkatkan skill pengurus HMSaIG. Kegiatan ini telah berlangsung di Auditorium Merapi, Fakultas Geografi.

Upgrading dibagi menjadi beberapa stage dan stage pertama yg telah berlangsung ini dinamai Upgrading Stage 1 – SaIG Muda “From Us to Us”.

Di stage upgrading yang pertama ini menghadirkan pembicara yang keren dan tentunya hebat, loh. Pembicara di upgrading kali ini yaitu Mas Bhram Kusuma Setya Hadi, Ketua Forkom UGM 2022 dan Mas Mulyanto, Ketua HMSaIG Periode 2021-2022.

Inti dari Upgrading adalah penyampaian materi dari para pembicara yang tentunya berguna dan insightful bagi peserta Upgrading, nih.  Sesi pertama diawali dengan penyampaian materi oleh Mas Bhram. Beliau memaparkan materi tentang Self Improvement. Materi ini tentunya sangat bermanfaat bagi peserta yang merupakan pengurus HMSaIG, tentang bagaimana sih cara mengembangkan diri melalui organisasi. Mas Bhram memaparkan bahwa sebagai mahasiswa yang aktif kita harus mampu untuk memanajemen diri sendiri. Mulai dari bagaimana memanajemen waktu dan menentukan skala prioritas sehingga aktivitas dan tugas-tugas kita bisa dikerjakan dengan baik dan tanpa terkejar deadline (siapa nih yang deadliners? jangan begitu ya teman-teman :D).

Sebelum dilanjutkan ke sesi penyampaian materi yang kedua, ada sesi ice breaking yang dipandu oleh MC, nih. Sesi ini mengajak peserta untuk merilekskan pikiran setelah mendengarkan materi yang cukup serius. MC memberikan pertanyaan yang lucu dan tak mudah ditebak. Seluruh peserta berantusias untuk menjawab terlebih dahulu pertanyaan yang diberikan.

Sesi penyampaian materi yang kedua disampaikan oleh Mas Mulyanto. Beliau menyampaikan materi tentang Sejarah HMSaIG, nih. Bukan anak HMSaIG sejati jika belum tahu sejarah HMSaIG. Sejarah yang telah dipaparkan Mas Mulyanto mulai dari awal pembentukan HMSaIG, penentuan logo HMSaIG, sampai alasan kenapa korsa kita warnanya hijau, loh.

Selain penyampaian materi, terdapat juga sesi tanya jawab. Peserta boleh bertanya apa saja yang berhubungan dengan materi atau terkait dengan keorganisasian pada pembicara. Pertanyaan peserta tentunya bervariasi dan mampu memantik pokok diskusi baru bagi pembicara dan peserta.

Kegiatannya sangat bermanfaat bukan, teman? Eh, tapi tidak cukup sampai di situ. Seluruh peserta juga diwajibkan untuk mengumpulkan penugasan. Penugasan ini berupa apa sih yang telah dipelajari dari Upgrading Stage 1 ini.

Sekian dari Upgrading stage yang pertama ini, sampai jumpa di Upgrading stage-stage selanjutnya. 👋

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.