GEOGIS FORUM: NETWORK ANALYSIS

hallo saigmuda!!!

Apa kabar kalian? Semoga senantiasa sehat-sehat yaa…

Kita ketemu lagi nih di forum yang pastinya sudah lama ditunggu-tunggu sama Saigmuda.

Yak, GEOGIS Forum hadir dengan membawa topik baru.Berbeda dengan topik sebelumnya berupa penilaian risiko bencana, kini GEOGIS Forum mengangkat topik yang juga nggak kalah keren lho. Daripada menebak-nebak, yuk mending dibaca aja artikel di bawah ini!!

GEOGIS Forum: The Importance of Network Analysis for Spatial Understanding bersama Mas Muhammad Iqnaul Haq telah berlangsung pada Minggu, 01 Agustus 2021 dihadiri lebih dari 70 peserta baik dari dalam Fakultas Geografi maupun masyarakat umum.

Mas Muhammad Iqnaul Haq merupakan Maps Ops Manager-Cartography Team di Gojek. Beliau merupakan alumni S-1 Kartografi dan Penginderaan Jauh angkatan 2009.

Acara berjalan dengan empat sesi utama yaitu pembukaan, penyampaian materi network analysis dari Mas Iqnaul yang dipandu oleh Elyana (KPJ 2018), sesi tanya-jawab, dan penutup.

Tidak hanya menyampaikan materi, Mas Iqnaul juga memberikan demo sederhana mengenai bagaimana mengolah data jaringan menjadi informasi tertentu sesuai dengan tujuan kita.

Pada sesi tanya jawab, peserta memiliki banyak pertanyaan-pertanyaan yang menarik. Namun, sebagai reward, dipilihlah dua penanya beruntung yaitu Zulfa (KPJ 2018) dan Devandra (KPJ 2020).

Berikut ini dokumentasi-dokumentasi dari GEOGIS Forum hari Minggu lalu, mulai dari penyampaian materi, demo sederhana, sampai dengan foto bersama

Nah, menarik bukan acara GEOGIS Forum kali ini. Saigmuda penasaran ngga sih, bagaimana materi yang disampaikan oleh Mas Iqnaul mengenai pentingnya network analysis untuk pemahaman spasial?

Penasaran ya…

Wah tapi sayang banget sudah terlewat 🙁

Hehehe, kita ada solusi cepatnya nih buat temen-temen Saigmuda yang kemarin ngga sempat daftar, kelupaan, atau udah daftar tapi pas hari-H berkendala hadir.

Departemen Riset dan Akademik HMSaIG membagikan artikel singkat berisi rangkuman materi dari GEOGIS Forum kemarin. Tapi, hanya rangkuman yaa.. engga sedetail informasi yang bisa didapat kalau ikut forumnya secara langsung.

So, jangan sampai menyia-nyiakan kesempatan yang ada. Yuk langsung langsung simak artikel di bawah ini!!

Apa itu network analysis?

Secara teori, network analysis dikembangkan berdasarkan salah satu model matematis (graph theory) dan topologi. Jaringan atau network terdiri dari vertices (vertex) dan edges yang saling terhubung dan membentuk suatu topologi jaringan. Vertices adalah jamak dari vertex atau node (titik), sedangkan edge adalah penghubung.

Pada gambar di bawah ini terdapat 7 vertices dan 10 edges.Network berupa vertices dan edges yang saling terhubung, di mana sebagai analisisnya berdasar dari topologi berupa

  • connectivity
  • adjency
  • incidence.

Dari analisis jaringan ini data akan diolah untuk menjadi suatu informasi sesuai dengan tujuan dilakukannya analisis.Contoh dari network  dalam GIS yang sering kita temui adalah:

  • Jaringan jalan
  • Jaringan sungai
  • Jaringan pipa (gas, air minum, air limbah, minyak
  • Jaringan kabel (listrik, telepon)

Lalu, bagaimana sih tahapan dalam network analysis?

  1. Persiapan Data

Mengetahui data yang dibutuhkan, memastikan tujuan, level kedetailan data, sumber data, dan sebagainya.Contoh : apakah dalam suatu jaringan jalan kita hanya butuh jaringan jalannya saja? Karena dalam jaringan jalan kita bisa menghitung panjang jalan, panjang tiap segmen, arah jalan, atau informasi detail seperti lebar jalan, kelas jalan, atau kecepatan maksimal tiap segmen.

  1. Membuat Topologi

Memastikan vertex dan edges yang kita miliki sudah terhubung dengan sempurna atau siap digunakan untuk analisis dan tidak ada kesalahan geometri dan topologi.

  1. Membuat Database

Menyusun seluruh data ke dalam satu basis data.

4. Analisis

Analisis yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:

Analisis rute (rute terpendek, rute terdekat, atau rute optimal; apakah berdasarkan variabel waktu, kondisi lalu lintas tertentu, atau tipe kendaraan).

5. O-D Cost Matrix (menentukan driver terdekat dari lokasi pick up).

6. Service Area

7. Location-Allocation

Pemanfaatan network  analysis

  1. Navigasi : Google Maps (pencarian rute tercepat)
  2. Analisis Jaringan Pipa Air Bersih : PDAM (data titik pelanggan, jaringan pipa, elevasi, dan data-data lainnya dapat dianalisis lebih lanjut untuk analisis tekanan dan debit, distribusi air)
  3. Pencarian Rute : Open Route Service (rute terpendek, rute tercepat, rute optimal, titik terdekat dari titik awal). Data yang digunakan dalam pencarian rute beragam, misalnya data jaringan jalan dan kecepatan (waktu tempuh). Tipe kendaraan merupakan objek yang perlu diperhatikan dalam pencarian rute.
  4. Travelling Salesman Problem (TSP) : kurir (menentukan rute dan urutan lokasi pengantaran)
  5. O-D Cost Matrix : mencari matrix terbaik dari beberapa lokasi awal ke beberapa lokasi tujuan (contoh penerapannya yaitu untuk distribusi buku dari gudang ke sekolah terdekat)
  6. Service Area : cakupan layanan (fasilitas kesehatan, sekolah, pasar, transit) dan berkaitan dengan waktu tempuh dan jarak. Misalnya dalam kasus COVID-19 dapat digunakan untuk penentuan lokasi isolasi mandiri berdasarkan data sebaran kasus COVID-19 tertinggi.

Sumber data untuk diolah pada network analysis

  1. Open Street Map (OSM) : jaringan jalan, POI, boundary
  2. Data Lalu Lintas : dinas pemerintah, TomTom Traffic, HERE Maps, survey
  3. Data Jaringan Pipa : pipa air bersih (PDAM), pipa air limbah domestik (UPT PALD/PDPAL)

Routing Engine : QGIS, ARCGIS, WaterGEMS, Mapbox, Open Route Service, Graphopper, Smallworld, OSRM, OSMnx, dll.

Komponen penyusun yang akan diproses routing engine : algoritma, data lalu lintas, data jaringan, elevasi, waktu, demand.Nah, itulah rangkuman dari materi yang disampaikan oleh Mas Iqnaul di GEOGIS Forum hari minggu lalu.

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di GEOGIS Forum selanjutnya yaaa…

Artikel oleh: Departemen Riset dan Akademik

One thought on “GEOGIS FORUM: NETWORK ANALYSIS

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.