Sarasehan Kurikulum Departemen SaIG

Sarasehan kurikulum departemen SaIG merupakan acara yang diadakan untuk memberikan wadah dimana mahasiswa, dosen dan alumni dapat berdiskusi secara langsung. Tujuan dari terlaksananya kegiatan ini adalah adanya keterlibatan mahasiswa dalam perumusan kurikulum yang baru serta dapat menampung pendapat dari mahasiswa dan alumni sebagai client terhadap kurikulum. Mahasiswa dan alumni diberi wadah untuk menyampaikan berbagai aspirasi, masalah yang mereka hadapi sekaligus kritik yang membangun. Sementara pihak dosen juga akan mentransparasikan hasil pemikiran dan diskusi yang telah dilakukan oleh tim dosen mengenai kurikulum yang baru. Demi terciptanya kegiatan perkuliahan dan kegiatan lain didalamnya berjalan dengan selaras.

Kegiatan ini dilakukan berdasar isu utama yang diangkat dalam sarasehan yang kebetulan bebarengan dengan adanya perubahan kurikulum untuk tahun 2017. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 6 Mei 2017. Perubahan kurikulum ini dirasa penting karena dianggap perlu diadakan pembaharuan dalam kegiatan belajar mengajar di kelas maupun kegiatan lainnya. Produktifitas mahasiswa yang kurang baik di dalam negeri maupun di luar negeri juga menjadi pertimbangan untuk mengelola kurikulum sedemikian rupa sehingga mampu lebih efektif dan juga memberikan kesempatan mahasiswa untuk banyak mengikuti kegiatan yang memajukan nama departemen.

Sarasehan kurikulum merupakan acara pertama yang diinisiasi oleh mahasiswa untuk memberikan wadah kepada civitas akademika baik dosen, mahasiswa bahkan alumni untuk merumuskan suatu terobosan baru dalam kurikulum. Acara ini dianggap baik karena mampu benar-benar menyelaraskan antara harapan departemen salaku pemangku kebijakan, mahasiswa selaku pelaksana kurikulum dan alumni yang disini memiliki peran sebagai narahubung dari pihak klien dan memberikan gambaran mengenai keinginan pasar akan lulusan KPJ. Saran untuk kegiatan semacam ini selanjutnya adalah persiapan yang lebih matang sehingga lebih banyak dosen yang menghadiri kegiatan ini. Selain itu perlu kembali disosialisasikan kepada alumni sehingga lebih banyak pihak yang terlibat dan memberikan hasil yang tentunya lebih baik.

Berikut kurikulum baru untuk mahasiswa KPJ, mulai diberlakukan pada tahun ajaran 2017/2018.

[gview file=”http://hmsai.geografi.ugm.ac.id/wp-content/uploads/sites/228/2018/09/Kurikulum-KPJ-2017.pdf”]

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.