SaIG Mengabdi di Kala Pandemi

Hai Rakan!

Bagaimana kabarnya? Semoga baik ya kalian semua.

Artikel ini ditulis ketika pandemi Covid-19 masih melanda bahkan ramai media elektronik maupun cetak yang melaporkan kasus Covid-19 meningkat setiap harinya. Meskipun Covid-19 merupakan suatu virus yang menyerang kesehatan, adanya pandemi ini juga mempengaruhi berbagai aktifivitas masyarakat, termasuk didalamnya berupa aktifitas perekonomian dan kegiatan sosial. Hal ini tercemin salah satunya pada kegiatan SaIG Mengabdi. Sebelumnya, SaIG Mengabdi adalah sebuah kegiatan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiwa Departemen Sains Informasi Geografi. Kegiatan SaIG Mengabdi sebenarnya tidak hanya melibatkan mahasiswa saja, tetapi juga melibatkan berbagai masyarakat lain sebagai donatur.

 

 

Pada tahun 2020 ini, SaIG Mengabdi dilakukan dalam tiga periode berbeda, yaitu pada tanggal 17 Agustus 2020, 6 Desember 2020, serta 17 Desember 2020. Kegiatan ini berupa penyaluran sembako bagi saudara-saudara kita yang terdampak pandemi Covid-19 yang mana diantaranya berupa individu/perorangan maupun kelompok yaitu panti asuhan (Panti Asuhan Cipto Siswoyo, Panti Asuhan Al-Falah, Panti Asuhan Asy-Syafiiyah, dan Panti Asuhan Ghiffari). Selain berupa sembako, SaIG Mengabdi tahun ini juga menyalurkan dana dari donatur kepada beberapa pekerja harian yang terdampak Covid-19. Dana tersebut disalurkan melalui Aksi Cepat Tanggap. Selain itu, mengingat adanya pandemi Covid-19 ini, pelaksanaan SaIG Mengabdi yang secara offline terpaksa harus dijalankan dengan protokol kesehatan yang sangat ketat serta minim kontak fisik. Dalam rangkaian acaranya hanya berupa penyerahan donasi dan tanpa adanya kegiatan bermain bersama, makan bersama, lomba ataupun games kecil-kecilan seperti yang biasa dilakukan pada kegiatan SaIG Mengabdi sebelumnya. Hal ini dilakukan tentunya untuk mematuhi anjuran pemerintah yaitu meminimalkan kontak fisik selama pandemi Covid-19 ini masih melanda. Huftt, memang perlu maklum dan prihatin dulu ya tahun ini!

Akhir kata, mari kita berjumpa lagi ditahun-tahun selanjutnya dengan harapan bahwa pandemi ini sudah berakhir dan kita dapat bermain serta berbagi dengan sebagaimana normalnya! Sampai jumpa rakan! Tetap pedulikan sekitarmu, jaga kesehatanmu, mereka, dan kita semua! Dadaah!

 

Artikel oleh: Departemen Hala-Putri Laila

One thought on “SaIG Mengabdi di Kala Pandemi

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.